Friday 27 March 2020

#BerharapLucu, Bagian 2 (Bapak Berhelm Putih)


                       Ceritanya waktu itu hari Jumat, yang identik Jumatan bagi umat muslim. Siang itu aku jalan kaki dari kantor ke masjid buat Jumatan. Di saat semua teman-temanku lagi makan siang dulu sebelum Jumatan, aku ke masjid dulu karena tidak ingin ketinggalan satu momen pun saat Jumatan (baca: sebenernya karena miskom, padahal laper juga).
           
Ternyata lumayan juga jalan dari kantor ke masjid. Butuh waktu sekitar 10 menit, mungkin kurang lebih sekitar 1 km. Ditambah teriknya panas khas hari Jumat yang biasanya lebih panas dari hari-hari biasa. “Buset, bisa panas gini ya” pikirku.
           
Nyampe di kawasan masjid banyak yang jualan jajan, ada pentol, dawet, sama cilor. Aku nyoba satu-satu, biar nanti bisa tau mana yang harus aku beli di Jumat minggu-minggu berikutnya. Sambil makan aku duduk jongkok di bawah pohon, di sampingku ada mas-mas yang juga lagi makan. Dari pakaiannya sepertinya mas-mas itu merupakan orang proyek. Pake helm, sepatu safety, pakaian yang penuh keringat karena kerja di lapangan. Daripada kami diem-dieman kaya orang musuhan, mulailah aku ngajak ngobrol.
          
 
Awalnya aku mau nanya “Lagi duduk mas?” tapi kayanya pertanyaan itu terdengar bodoh, jelas-jelas dia lagi duduk nyender di pohon. Akhirnya aku nanya yang lain “Kerja di sini juga mas?”
           
“Iya mas.” Masnya jawab dengan singkat
           
“Udah berapa lama di Bontang mas? Asli sini ya?”
           
“Baru juga mas, saya baru 1 minggu di sini” Lalu masnya nyeruput dawet. Terus lanjut ngomong “Saya asli Berau mas.”
           
“Wah jauh juga ya” Padahal aku ga tau Berau itu daerah mana, asal nyambung aja “Saya juga baru mas disini, baru dua minggu”.
           
“Ooh..” Sahut masnya.
           
Setelah itu kami ngobrol beberapa hal, mulai dari hobi, keluarga, makanan, sampai warna kesukaan kami masing-masing. Ngga ding, yang terakhir ngaco.

Ga lama kemudian teman-temanku datang. Ada Hendi, Chati, Fajar, dan Reza. Mereka nyamperin aku di bawah pohon. Kami ngobrol sambil makan jajan masing-masing.
           
Tak lama ngobrol, tiba-tiba ada bapak-bapak datang pakai baju kaos warna hijau lumut, pakai celana warna abu, sepatu, dan memakai helm warna putih yang menandakan kalau dia adalah karyawan organik perusahaan. Kami semua langsung salamin Bapak itu sambil kami memperkenalkan diri satu—satu, lalu kami jongkok lagi buat dengerin Bapak itu sepertinya mau ngobrol sesuatu. Sekilas Bapak itu terlihat normal biasa saja tidak ada yang aneh. Lalu dia mulai bicara
           
“PKT, Badak, KAN, KIE” Bapak itu berhenti sejenak, lalu lanjut “KJA, Badak, KDM” dan tiba-tiba berhenti bicara dan ngeliatin kami berlima. Dia menyebutkan nama-nama perusahaan yang ada di Bontang.

Kami diam, saling liat-liatan, kami bingung mau nanggepin apa, karena ga seperti lazimnya orang bicara. Bapak ini tiba—tiba nyebutin sesuatu tanpa ada pengantarnya, otomatis kami bingung. Ga kami tanggapin kami takut salah, kami tanggepin kami bingung mau jawab apa. Sepertinya ada yang tidak beres dengan Bapak ini pikirku waktu itu.

Di tengah keheningan itu kami berlima saling liat-liatan dan tiba-tiba Chati yang ada di sebelahku nyeletuk dengan suara agak kenceng “Kok saya jadi pusing.” nyindir Bapaknya.
           
“Bego!” dalam hatiku, ngawur ini anak. Aku langsung nahan tawa dan nengok ke belakang sambil gemeteran ga kuat ketawa. Sebenernya aku juga mikir hal yang sama tapi ga berani ngomong di depan.
           
Tiba-tiba si Reza malah nimpalin ke aku “Kok lu ketawa sih Bram, parah lu”.
           
“Kampret” pikirku, bisa-bisa malah aku yang kena. Akhirnya aku nahan tawa dan ikut lagi ke dalam forum dadakan yang tidak berjudul ini.
           
Karena kami tidak ada yang jawab satu pun, tiba-tiba Bapak itu ngomong lagi. Kami padahal belum sempat tau nama Bapak ini siapa dan dari belahan bumi bagian mana Bapak ini muncul. “Badak, KIE, PKT, KJA?” Kali ini ada sedikit intonasi tanda dia bertanya, ada sedikit celah bagi kami buat ngomong.
           
“PKT mantap, PKT mantap” Hendi nyeletuk. Kami kurang paham apa maksudnya tapi kami ikut—ikut aja “Iya pak, PKT mantap, PKT mantap”
           
Bapaknya diam sejenak, kami juga diam sejenak, kami saling diam. Kami ga tau Bapak ini paham maksud kami apa ngga. Dan sepertinya Bapak ini masih pingin ngomong sesuatu.
           
Ia ngeliat ke atas kaya mengingat-ingat sesuatu, kami tunggu. Lalu Bapak itu ngomong lagi “PKT…”, “Badak…”, “KIE, KJA, KJS, KDM”. TIDAAK, BAPAK INI NGOMONG SAMA PERSIS DARI TADI, kami langsung berhipotesis ada yang tidak beres dengan Bapak satu ini. Aku sempet kepikiran buat nelpon rumah sakit jiwa terdekat, mungkin aja ada pasien mereka yang kabur.

Tapi ternyata Reza berpikiran lain dan doi masih berpikir positif, dan ngomong ke Hendi “Hen Hen, mungkin ini bapaknya dari luar negeri. Dia ga paham sama yang kita omongin”

“Eh lu polos banget sih Ja, mana ada.” Si Fajar nyela dengan nada pelan, takut kedengeran.

Aku masih ga percaya ada orang yang masih berpikiran positif di situasi seperti ini, tapi akhirnya aku nyoba positive thinking dulu “Iya Hen, dia kayanya ga bisa ngomong Indo deh” aku nambahin.

Dari raut wajahnya, Hendi seperti serius menanggapi usulan kami dan sedang memikirkan apa yang sedang kami usulkan untuk disampein ke Bapak itu. Keliatan dari keringat yang ada di dahinya, dan mimik yang mengernyitakan dahi, dia terlihat antusias.
           
Belum sempet Hendi ngomong tiba-tiba Bapak itu senyum ke kami dan langsung ngacir dari gerombolan kami menuju ke arah masjid. Kami takut dinilai persepsi buruk dari Bapak itu karena ga menghormati orang-orang asli sini. Kami kepikiran dan sempet nundukin kepala sejenak merenungi kesalahan kami, kami harus bertaubat.
           
Bapaknya pergi, kami liatin dari jauh. Temenku yang orang pabrik, Chati, Hendi, sama Reza, ngeliatin helm putih yang dipake Bapak itu tadi. “Chat itu bukannya helm lu ya? Ada tulisannya.” Kata Hendi.
           
“Serius Hen?” Chati mulai panik. Dia coba ngeliatin helmnya tapi karena dia ngga pakai kacamata yang biasa dia pake, dia ga bisa ngeliat, akhirnya dia panik aja. “Eh tolongin dong tolongin.” Dia kebingungan dengan raut muka seperti kena musibah berat, dengan badan sedikit menggeliat. Udah helm pinjeman, kalo sampe hilang selesai riwayat hidupnya.
           
Aku langsung lari nyamperin Bapak tadi, Bapaknya masih jalan aja, takutnya ia lari terus helmnya dibawa lari. Berarti mungkin bener kecurigaan kami, Bapak itu memang kurang beres. Kami kira dia orang organik perusahaan makanya bisa pake helm organik. Ternyata dia pake helm Chati yang entah dia dapet dari mana.
           
Setelah kudeketin, ternyata dia justru naro helmnya ke tempat semula di motor si Chati. Syukurlah pikirku. Meskipun kurang waras ternyata masih ada baiknya juga ini orang. Tadinya aku mau berterima kasih tapi takut nanti dikasih tebak-tebakan lagi kaya tadi.
           
“Aman gais !” aku ngasih kabar ke temen-temenku sambil ngasih isyarat jari tanda “oke”. Chati terlihat mengelus dada, sesekali nafasnya agak panjang. Dia langsung masukin helmnya ke bagasi supaya ga kejadian lagi.
           
“Makanya Chat, helm tuh ditaro di tempat yang aman. Masa naro di footpad motor” Fajar mencoba memberikan nasihat. Chati cuma bisa mangut pasrah.
           
Tak berapa lama, Reza diajak ngobrol sama orang di sebelahnya, seorang bapak yang terlihat sehat jasmani dan rohani dan terpercaya buat diajak ngobrol “Masnya tadi ngobrol sama Bapak itu kenapa?”
           
“Emang kenapa pak?” Reza balik nanya
           
“Iya mas, jadi emang Bapaknya itu kurang sehat, biasanya kalo hari Jumat memang sering kesini. Masnya baru ya berarti di sini?”
           
“Iya pak hehe. Makasih pak infonya ya.” Info yang sangat membantu buat kami ke depannya. Kalo kelamaan bergaul dengan Bapak itu bisa-bisa kami jadi pengikutnya dan membuat aliansi perkumpulan “Orang Tidak Beres Berhelm Putih” di Bontang.
           
TERKLARIFIKASI. Bapak tadi memang kurang sehat dan ngelantur kalo ngobrol. Kami hanya bisa mendoakan semoga Bapak tadi lekas diberi kesembuhan dan dipertemukan dengan orang-orang yang sefrekuensi dengan dia.

6 comments:

  1. Bisa dikasi haloperidol 5mg tu

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Udug Ke, ono masjid ngono sanding pabrik. Mbuh lali aku jenenge opo. Ngekeklah Jumatan pertama haha

      Delete
  3. mas bram warna kesukaannya apa mas? wkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini tidak saya samakan dengan warna kesukaan Bapak tadi Lif

      Delete

Popular Posts