Monday 22 June 2020

#BerbagiSaja, Pengalaman Rekrutmen PT Telekomunikasi Indonesia Great People Trainee Program (GPTP) IX Part 1


Oke nambah segmen lagi ya hehe, #SharingAja. Jadi di segmen ini aku pingin berbagi sedikit cerita dan pengalaman ke temen-temen yang sifatnya lebih umum, kali aja berguna buat temen-temen. Ya, sebatas itu sih. Dan aku welcome banget kalo temen-temen pingin tau lebih lanjut tentang apa yang bakal aku sharing-in di sini, bisa tulis aja di kolom comment di bawah. Kalo mau sharing secara personal aku juga contactable, feel free ya.

Jadi di bagian pembuka segmeni ini aku mau sharing pengalaman sewaktu aku ikut rekrutmen calon karyawan PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom. Waktu itu aku apply jalur Management Trainee (MT) atau di Telkom nyebutnya Great People Trainee Program (GPTP) yang ke-IX, karena penyebutan jalur MT ini di tiap-tiap perusahaan beda-beda. Nha, untuk Telkom ini mereka menyebut rekrutmen MT mereka ini dengan GPTP.

Ya, jadi waktu itu aku lulus bulan Oktober 2018 dan waktu itu aku ikut banyak banget rekrutmen-rekrutmen dari berbagai macam jenis perusahaan mulai dari A sampai Z aku coba (kebetulan tiap aku apply di perusahaan aku catet di hape dan ada timestamp-nya, jadi bisa buat arsip). Kali ini aku bahas waktu aku ikut rekrutmen Telkom ini dulu.

Waktu itu bulan November aku ng-apply, jadi waktu itu aku ada apply online dan lama banget nda ada panggilan. Akhirnya aku juga dateng di acara BUMN Career Opportunity di Surabaya buat ng-apply di Telkom juga, karena aku liat di list perusahaannya ada Telkom juga di situ. Dua-duanya kuisi dengan posisi yang sama. aku milih posisi di Marketing sama Social Community Development kalo nda salah, aku pilih pokoknya yang paling relate sama jurusanku, Agribisnis, meskipun nda relate-relate amat ya. Emang nda relate sih.

Telkom ini kalo nda adalah perusahaan ke-6 yang manggil aku buat lanjut tes. Di awalnya aku harus masukin beberapa syarat administrasi yang diminta di website khusus rekrutmen yang disediakan sama Telkom. Syaratnya antara lain CV, ijazah, transkrip, form rekrutmen dari Telkom, foto, ya standar gitu-gitu lah, mungkin yang bikin sedikit beda adalah adanya syarat TOEFL dengan minimal nilai 500, kayanya rata-rata BUMN mensyaratkan adanya kemampuan bahasa inggris, jadi disiapin mulai sekarang temen-temen kalo mau apply di BUMN ya. Oke deh, aku langsung jelasin tahap-tahapnya kali ya.


      1. Daftar

Harus ya, kalo nda daftar nanti data temen-taman nda ke-input dong. Barusan aku coba ternyata akunku masih bisa login di website rekrutmen Telkom. Mayanlah buat nostalgia dikit-dikit. Nanti bakal ku-share beberapa screenshot yang mungkin bisa jadi tambahan gambaran temen-temen.

2. Seleksi Administrasi

Setelah masukin semua syarat tadi kira-kira dua minggu setelahnya baru ada pengumuman siapa-siapa aja yang lolos ke tahap selanjutnya. Waktu itu aku inget banget peserta yang lolos sekitar 11.000an. Syukurlah namaku masih ada di antaranya, kayanya memang screening awal ini ngeliat siapa yang administrasinya lengkap dan memenuhi syarat bakal diloloskan. Pengumuman kelolosan ini bisa temen-temen liat di website Telkom atau email temen-temen semua.

 



Keliatan ya di situ ada tanggalnya 25 Oktober 2018. Sayangnya untuk list peserta yang lolos nda aku screnshot kemarin, biar temen-temen pada tau gambaran persaingannya atau minimal jumlah pendaftarnya supaya temen-temen bisa prepare dengan baik.

 

Seleksi Tahap 1

Tes administrasi lewat dan aku dapet pengumuman buat lolos ke Seleksi Tahap 1 yang di dalamnya ada 4 jenis tes. Semua tes ini dilaksanakan online ya temen-temen, jadi pastikan jaringan internet temen-temen lancar nda ada kendala.


3.  Data Confirmation

    Data confirmation di sini lebih kaya nyoba koneksi gitu sih temen-temen, jadi kita kaya dikasih sample question buat dijawab biar nanti ketika tes beneran jaringan kita aman dan tidak ada kendala. Pertanyaannya pun random banget, kalo nda salah waktu itu ada 5 pertanyaan. Wakti itu salah satunya aku dapet pertanyaan “R.A Kartini lahir di...” gitu-gitu, jadi tenang aja kayanya nda bakal memengaruhi nilai sih. Tapi apapun itu, tetep dikerjain yang bener ya.

      4. General Cognitive Ability Test

Ini adalah TPA (Tes Potensi Akademik), sama kaya TPA biasanya. Cuma yang beain adalah level soalnya. Kalo menurutku soalnya susah-susah sih dan durasi tiap soalnya pendek banget, jadi memang harus bener-bener cepet ngerjainnya. Kata temenku yang juga ikutan sama-sama daftar di Telkom, soal-soalnya juga susah, beda sama TPA biasanya. Menurutku ini adalah salah satu TPA tersulit yang pernah kukerjain, jadi harus disiapin bener-bener.

5. English Ability Test

Sesuai namanya ya, di sini temen-temen akan diuji kemampuan bahasa inggrisnya. Kalau menurutku pertanyaan yang ada di tes ini cukup susah sih, level kesulitannya ada di atas TOEFL. Apalagi mengingat Telkom juga udah go international ya, jadi wajar kalo mengharuskan calon karyawannya mahir berbahasa inggris. Jadi siapkan dengan baik jika nanti ada tes bahasa inggris.

 6.   Job Function Test

Sesuai namanya juga, tes ini adalah mengukur pemahaman kita tentang posisi kerja yang kita pilih sewaktu mendaftar. Waktu itu aku apply untuk posisi Marketing, otomatis pertanyaannya pun seputar marketing juga. Untuk level soalnya tidak terlalu sulit sebetulnya, tapi memang harus tetap menguasai dikit-dikit ya supaya ketika ngejawab nda ngasal banget, karena bakal keliatan kalo kita milih posisinya ngawur nanti di hasil pasti akan banyak salahnya. Jadi upayakan apa yang kita pilih di awal merupakan bidang yang kita kuasai dan kita mau belajar di dalamnya.

 

Oke, bersambung ya...

 

 


No comments:

Post a Comment

Popular Posts