Sunday 12 July 2020

#BerbagiSaja, Pengalaman Rekrutmen PT Telekomunikasi Indonesia Great People Trainee Program (GPTP) IX (Part 3-END)


            

            Oke, masuk di part terakhir ya. Maaf agak lama update-nya, minggu kemarin agak sibuk.

            Oke, di part terakhir ini aku cerita di seleksi tahap akhir waktu rekrutmen ya. Jadi waktu itu sekitar bulan Desember 2018 ada pengumuman kelolosan yang lolos ke Tahap Akhir, syukurnya masih ada namaku di situ

           

             Jadi waktu itu kalo nda salah yang lolos ada sekitar 350an orang ke Tahap Akhir dan kita nda tau berapa orang yang dibutuhkan Telkom waktu itu, baik untuk dari Telkom nya sendiri atau dari masing-masing bagiannya. Yang jelas ya do our best. Dan kabar baiknya, anggotaku satu tim waktu Collaborative Games, Mas Bima dan Mbak Tari juga lolos ke Tahap Akhir, wah keren memang kami ini haha.

            Oke jadi waktu itu aku baru dapet email pemberitahuan bahwa lolos ke tahap selanjutnya, Tahap Akhir, tapi belum dikasih tau kapan dan dimananya. Jadi sambil nunggu pelaksanaan tesnya ya dibuat belajar. Karena di situ udah dikasih tau bakal ada interview, psikotest, sama medical check up. Mulai dari cari tips-tips interview kerja, terus beli buku psikotest buat nda kaget ketika nanti tes, dan kiat-kiat membugarkan diri buat menyongsong medical check up.


            Tak selang berapa lama ada email masuk lagi dari Telkom ngasih jadwal tesnya.


             Di email tertulis sama seperti kisi-kisi yang dikasih pada email sebelumnya, yang membedakan ternyata ada dua interview, satu interview bidang, satunya interview PQ – Culture. Dari istilah-istilahnya agak beda memang dengan tes-tes kerja, ya preferensi Telkom sih. Selain itu, kami juga disuruh bawa berkas-berkas yang udah di-upload sebelumnya di website rekrutmen Telkom, jadi semacam verifikasi gitu buat mastikan apa yang kita upload itu bener semua.

            Oke masuk ke pembahasan ya. Hal pertama waktu itu adalah aku ngecek lokasi tes lebih dulu H-2 buat memastikan ruangan biar waktu hari H tes nda panik nyari ruangan. Menurutku penting sih kalo kalian sempet dan sekalian berdoa gitu mungkin di sana supaya dilancarkan ketika tes nantinya. Minimal dari segi psikologis kalian udah tau ruangan-ruangannya gitu2.

1.        Psikotest

Hari H, waktu itu aku dikasih jadwal diminta dateng 06.30, buset pagi banget kan. Untung sebelumnya aku udah ngecek lokasi duluan, jadi bisa ngestimasi waktu tempuh buat ke sana dan nata hati biar nda panik. Panitia waktu itu juga udah dateng stand by. Dresscode standar ya, atasan putih bawahan hitam. Ini preferensi sih, macem2, yang pake blazer cewe nya, cowo pake jas, karena memang ada interview waktu itu jadi minimal dari segi appearance udah oke.

      Di lokasi aku janjian sama Mas Bima dan Mbak Tari sebelumnya biar saling tahu dan kontak ketika udah di sana. Di lokasi aku ngobrol sama mereka dan peserta-peserta yang lain. Ternyata jadwal orang per orang ada beda-beda, kalo aku dari 4 tes dibagi jadi tiga hari, ternyata ada juga yang dua hari. Aku nda tau sih preferensinya.

      Waktu udah nunjukin jam 8 dan kami belum disuruh masuk ke dalam ruangan. Tiba-tiba ada mbak-mbak pake kemeja putih dateng agak buru-buru gitu. Sekilas kulihat doi pake baju Telkom, “Oh panitia nih” pikirku. Jadi dia biang keroknya. Lalu kami langsung masuk satu per satu dengan tertib di tempat duduk yang ternyata udah ditentukan sebelumnya, jadi di meja udah ketempel nama-nama masing-masing peserta.

Kami duduk di tempat masing-masing dan diminta untuk mengeluarkan KTP dan kartu peserta yang di-download dari website Rekrutmen Telkom. Mungkin buat bukti kalo nda ada yang pake joki gitu ya. Sebelum tesnya dimulai kami disuguhkan dengan video company profile Telkom, ya pokok seputar Telkom gitu lah, kurang lebih 30 menit mereka ngejelasin. Lalu setelah itu dijelasin juga skema remunerasi nya jika udah keterima di Telkom itu seperti apa, aku yang waktu itu fresh graduate seneng juga bacanya, pokoknya setaun itu terakumulasi sekitar 360an juta. Aku lupa waktu itu komponennya apa aja. Makin semangat ngerjain tesnya nih hehe.

Tesnya dimulai, kami diminta ngisi form CV lebih dulu, kali aja ada update setelah nunggu pengumuman Tahap Akhir kemarin kan, soalnya lumayan lama juga tuh. Setelah ngisi CV, psikotest yang sebenarnya dimulai, sebetulnya tesnya kaya psikotest standar sihq, ada Tes Kraepelin, gambar pohon, gambar manusia. Waktu itu tesnya berlangsung sekitar 3 jam dari tes awal sampai akhir. Lumayan menguras waktu, tenaga, dan pikiran memang psikotest ini. Disarankan memang kalo bisa makan dulu sih sebelum psikotest soalnya bakalan menghabiskan daya banyak.

     

2.      Interview PQ – Culture

Interview kali ini lebih kepada interview HRD sih, interviewer nanya-nanya seputar diri kita, selama ini kita udah ngapain aja, melakukan apa aja. Interview ini menurutku bertujuan untuk menyamakan personalisasi diri kita dengan budaya perusahaan Telkom. Hasil interview kita pada sesi interview ini bisa jadi akan diserahkan kepada interviewer kita di interview bidang nantinya untuk menggali lebih dalam tentang diri kita dan menyesuaikan dengan

      Waktu itu aku diwawancarai sama ibu-ibu dua orang. Pertanyaannya umum sih, betul-betul menanyakan portfolio kita. Seputar prestasi, pengalaman organisasi, pengalaman terbaik, tantangan terberat dan penyelesaiannya. Gitu2 sih. Waktu itu kayanya aku di dalem ada ngabisin waktu sekitar 1,5 jam, mayan lama juga sih menurutku.

 

3.       Interview Bidang

Oke kalo interview kali ini kita memang langsung dihadapkan dengan calon atasan kita nantinya jika diterima di Telkom. Waktu itu kalo nda salah aku berhadapan langsung sama GM Pemasaran Telkom Jogja, aku lupa Bapak siapa waktu itu namanya. Suasana agak mencekam karena di ruangan hanya berisi kami berdua. Di dalem ruangan cuma ada satu whiteboard yang sepertinya untuk menggambarkan pertanyaan yang bakal dikasih sama Bapaknya.

Lalu aku duduk dan diminta memperkenalkan diri. Setelah berkenalan singkat akhirnya masuk ke pertanyaan bidang. Beliau waktu itu nanyain tentang pengalaman apa yang pernah aku lakukan terkait marketing, terus aku jelasin. Beliau nanya sampe dalem banget, keren sih. Setelahnya aku ditanya soal digital marketing, karena berhubung waktu itu aku apply Marketing. Aku juga diminta buat menggambarkan digital marketing tadi di whiteboard yang ada di sebelah.

Setelah mungkin ada satu jam lalu aku keluar. Agak kurang puas sih sama jawabanku tadi, kurang meyakinkan menurutku. Raut muka bapaknya juga terlihat kurang seneng sama jawabanku, ya semoga hasilnya yang terbaik. Aku juga baru pertama kali interview dengan user sih jadi agak beda juga auranya. Cukup intimidatif sih bapaknya menurutku. Penting ya temen-temen untuk selalu terlihat meyakinkan dengan apa yang kita sampein, nyiapin mental itu juga penting.

 

4.      Medical Check Up (MCU)

Medical check up ini waktu itu dilakukan di Lab Pramita, di area Boulevard UGM.  Jadi sebelumnya kami udah dikasih tahu buat puasa dulu biar nanti waktu pengambilan darah hasilnya nda bias karena efek makanan yang kita makan. Selain itu kami juga disuruh ngumpulin form kesehatan yang udah dilampirin di email sebelumnya buat bahan di MCU ini.

Oke, jadi waktu itu kami berkumpul di Lab Pramita dari jam 6 pagi, karena tesnya banyak banget sampe-sampe MCU di Jogja ini dibagi jadi dua hari. Siapa yang dateng duluan dapet nomor antrian awal juga. Otomatis yang dateng akhir bakal lama banget selesainya karena tesnya banyak.

Pertama ada cek darah. Cek darah 2 jenis, jadi kami diambil 4 tabung masing-masing orangnya. Auto lemes langsung setelah ambil darah. Untungnya disediain sarapan sama Telkom, jadi selepas ambil darah kami langsung disuruh makan. Biasanya sih cek darah itu yang dicek gula sama bisa jadi ngeliat penyakit lain yang bisa dicek dari darah.

Kedua, ada tes urine. Jadi kami diminta ng-urine di tabung yang udah dikasih dalam ukuran tertentu. Biasanya yang dicek dari urine itu apakah ada obat-obatan yang kita konsumsi gitu apa endak, soalnya kaitannya sama ginjal. Hati-hati ya, jangan sampe kelewatan nanti luber dan kemana-mana soalnya yang dibutuhin nda banyak sampel urine-nya. Agak aneh sih kita ngumpulin urine-urine ini, agak malu juga. Ya pinter-pinternya kita biar nda terlalu mencolok. Waktu itu juga kamar kecilnya terbatas, jadi ngantri tuh, otomatis semuanya juga tau urine-urine kita.

Ketiga ada tes fisik. Standar sih ada tinggi badan dan berat badan. Agak takut sih aku di sini, mengingat badanku yang sedikit kurus. Takut jadi pertimbangan kelulusan juga kalo misal nda proporsional. Jadi siapkan diri kalian seproporsional mungkin selagi bisa setelah ada pengumuman bakal ada MCU. Ya sebetulnya dari sekarang kalo bisa udah ngejaga fisik sih.

Keempat, tes nda-tau-apanya-yang-dicek. Agak beda sih yang ini, jadi kami masuk satu-satu gitu ke ruangan dan di situ udah ada dokter. Waktu itu aku nanya sama orang-orang yang udah masuk malah ngasih isyarat jempol gitu sambil bilang “Mantap mantap”, apa maksudnya nih. Akhirnya tiba giliranku masuk ke ruangan. Aku duduk dan ditanyai beberapa pertanyaan terkait form kesehatan yang udah dikumpulin sebelumnya. Setelah itu aku langsung diminta berbaring dan ngelonggarin celana dan membelakangi dokter itu, buat apa pikirku udah agak was-was nih. Lalu si dokter bilang “Permisi ya mas” dan dokter itu tiba-tiba masukin jarinya ke dubur, kaget dong tapi masa ya teriak nda mungkin juga. Setelah beberapa detik jarinya keluar, syukurlah. Setelah kutanya ternyata dokter itu ngecek ada benjolan apa endak di dubur. Mungkin bisa ngecek ambeien atau semacamnya, yaa kalian bisa browsing sendiri setelah ini ya hmm.

Kelima ada tes ECG (electrocardiography). Ini tes buat ngeliat ritme jantung gitu sih. Buat ngecek apakah kita ada kelainan jantung ato endak, soalnya bakal keliatan ntar hasilnya ketika udah jadi. Jadi ada semacam kisi-kisi gitu kalo bentuk hasil ECG-nya apa berarti yang bersangkutan mempunyai kelainan/penyakit apa, gitu. Tesnya kita disuruh berbaring terus buka baju, nanti dada kita ditempelin alatnya gitu beberapa menit terus habis itu udah selesai.

Keenam ada tes audiometri. Ini tes pendengaran, jadi sejauh mana sensitivitas pendengaran kita merespon sebuah suara. Jadi kita diminta untuk memencet tombol kalo denger sesuatu di earphone yang kita pake. Nha untuk tes yang ini musti konsentrasi, soalnya suaranya dari yang sangat pelan sampe ke level suara agak kenceng.

Ketujuh ada tes mata. Jadi kita diminta kaya di optik gitu-gitu sih, ngecek tingkat kecacatan mata sejauh mana. Agak takut sih, takut cacat mata ku ngefek juga di penilaian kalo misal dianggap terlalu parah, meskipun sebetulnya menurutku dan nda parah-parah amat sih cacat mataku.

 

5.      Pengumuman

 Tibalah hari di mana pengumuman tahap akhir, mungkin sekitar 3 minggu setelah tes tahap akhir. Waktu itu setiap peserta diminta ngeliat hasil pengumumannya di website Rekrutmen Telkom, jadi di email hanya berisi pemberitahuan aja. Otomatis tambah deg2an dong.

Setelah kubuka hasilnya ternyata belum rejekiku diterima sebagai karyawan Telkom. Di situ tertera ada nama-nama yang lolos juga dalam tabel. Sedih, iya. Kecewa, jelas. Menyesal, pastinya. Ya wajar, tahap demi tahap udah dijalanin sampe akhir hingga berbulan-bulan dan ternyata hasilnya tidak sesuai yang kita harapkan. Dari 300 sekian orang yang lolos ke Tahap Akhir tadi diambil sekitar 110-an orang yang diterima. Jadi dari total applicant 11.000 sekian di awal tadi cuma diambil 1% nya aja, keren memang. Dan dari tiga orang kelompokku Collaborative Games, Mbak Tari berhasil lolos dan berhasil menjadi keluarga Telkom, pasti seneng banget. Aku sama Mas Fajar ngasih selamat dan ikut mendoakan yang terbaik buat Mbak Tari semoga sukses dan berkah perjalanan kariernya. Tapi gimana pun juga yakin aja itu udah hasil terbaik yang Tuhan berikan buat kita.

Hikmah yang bisa diambil adalah paling nda aku jadi makin pede ketika ikut tes-tes kerjaan selanjutnya karena udah bisa sampai di tahap akhir Rekrutmen Telkom yang notabene jumlah applicant nya mencapai puluhan ribu, ya itu sebagai penyemangat aja sih. Diambil hikmahnya aja.

 

Ya, oke, itu tadi tiga kilas #SharingAja tentang pengalaman Rekrutmen Telkom yang udah kulewatin dua tahun lalu. Aku harap bisa ngasih gambaran lebih konkrit ke temen-temen terkait Rekrutmen Telkom supaya nda kaget ketika tes beneran. Oke, see you on next #SharingAja !

 

4 comments:

  1. Kok ga cerita yg di periksa RT ini 😂😂 ngukuk

    ReplyDelete
  2. Wahh hebat mas, thanks sharingnya. Kebetulan nemu tulisannya karena aku jg lagi menunggu pengumuman akhir GPTP. Deg2an karena udah 2 minggu lebih sejak Interview dan MCU, tapi blm ada kabar.

    Sukses terus kedepannya

    ReplyDelete

Popular Posts