Saturday 3 October 2020

#BerbagiSaja, Pengalaman Rekrutmen Management Trainee (MT) 4 PT Pupuk Indonesia (Persero) (Part 1)

        
        Lama banget ya aku nda nulis, nda kerasa hampir 3 bulan nda ada update apa-apa ni di blog, wew. Maafkan. Ya, jadi kali ini aku mau share ceritaku waktu rekrutmen Management Trainee (MT) 4 di PT Pupuk Indonesia (Persero) tahun 2019 kemarin.

    Jadi waktu itu pertengahan tahun 2019, tepatnya bulan Maret, ada dibuka Program Perekrutan Bersama (PPB) yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam rangka memperingati HUT KemenBUMN yang ke 110. PPB ini diakomodasi sama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, kayanya kumpulan orang-orang HRD gitu dari semua perusahaan BUMN.


Oke, PPB ini baru pertama kali diadakan sama KemenBUMN setau aku, bener-bener semua perusahaan BUMN serempak buka rekrutmen dengan berbagai macam bidang dan keilmuan yang dibutuhkan. Keren sih. Waktu itu mereka tagline-nya “PPB BUMN membuka 110 BUMN dengan 11.000 lowongan pekerjaan”. Oke, masuk ke pembahasan ya, cekidot.

  1. Pendaftaran

            Hal pertama yang harus dilakukan otomatis harus daftar dulu ya. FHCI BUMN ini membuat website sendiri untuk mengakomodasi adanya PPB BUMN 2019. Jadi mulai dari kita membuat akun, memilih posisi dan perusahaan, sampai dengan nanti pengumumannya. 

              Dalam pemilihan perusahaan, setiap akun berhak untuk (wajib atau nda ya, agak lupa aku) memilih tiga lowongan pekerjaan yang disusun berdasarkan prioritas dari atas ke bawah. Pilihan teratas menandakan prioritas pertama dan seterusnya. Semacam SNMPTN/SBMPTN gitu ya kita milih jurusan sama kampus, sama, di sini kita milih posisi dan perusahaannya sesuai dengan preferensi masing-masingWaktu itu pilihan dari atas ke bawah, Management Trainee PT Petrokimia Gresik, Management Trainee PT Perikanan Nusantara, sama Auditor di PT Surveyor Indonesia. Kalo nda salah sih itu ya hmm.

        2. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini adalah hasil seleksi dari panitia dari FHCI ya, ketika portfolio kita sesuai atau lengkap sesuai dengan yang diminta pasti bakal lolos seleksi administrasi. Kalo tahap ini sih kita nda bisa tau parameternya ya, entah kelengkapan aja atau ada standarnya. Hal-hal yang harus dilengkapi pada kelengkapan diri ini yaitu adanya sertifikat TOEFL dengan minimal nilai 500 ya. Seperti yang kubilang di post sebelum ini, kayanya memang perusahaan BUMN semuanya mensyaratkan adanya syarat ini. Selain itu standar ya ada ijazah, transkrip nilai, KK, KTP dan sebagainya.

3. BUMN Value Test

Nha tes kali ini mungkin yang jadi pembeda dengan tes-tes di tempat lainnya ya. Kalo dari namanya sih memang mungkin sejenis tes yang melihat kesesuaian applicant dengan prinsip atau nilai yang dipegang sama KemenBUMN. Tes ini dilaksanakan secara daring di website FHCI BUMN itu tadi. Tesnya berisi pilihan ganda gitu. Jumlahnya kalo nda salah ada 20an soal.

Waktu itu pertanyaannya seputar kepribadian. Misal contoh : Kalau ada orang yang jatuh dari sepeda motor di tengah jalan, apa yang akan kamu lakukan?

a.    Mengumpulkan orang-orang untuk membantu

b.   Mengamankan di tempat yang aman dan merawatnya

c.    Memanggil pihak yang berwajib

d.   Menolong dan mengantarkan ke pusat kesehatan terdekat

Jadi mungkin sejenis kaya pertanyaan di TKD-nya tes CPNS ya, tentang bagaimana kita menyikapi suatu peristiwa gitu sih. Sekilas memang jawabannya bagus-bagus semua dan mengarah ke hal positif. Ya be yourself aja sih mungkin ya. Kalo nda salah pertanyaannya gitu-gitu sih. Kebetulan ada beberapa temenku yang ikutan daftar juga waktu itu tapi belum lolos, mungkin masing-masing jawaban ada bobotnya sih. Jadi mau nda mau meskipun terlihat sederhana harus dihayati juga nih jawaban-jawabannya.

4. Psikotes Online

Setelah BUMN Value Test, besoknya ada psikotes online. Ini adalah screening pertama melalui tes yang kebanyakan diadakan pada kebanyakan tes lowongan pekerjaan ya. Soalnya seperti soal psikotes pada umumnya, hanya aja ini ngerjainnya daring di komputer masing-masing. Sering-sering latihan ngerjain soal psikotes aja biar nda kagok ketika ngerjain, biar bisa cepet ngerjain soal per soalnya.


Oke itu tadi sharing rekrutmen di Pupuk Indonesia bagian pertama ya. Masih ada beberapa hal terkait proses rekrutmen ini yang mau aku sharing-in. Semoga bisa update dalam waktu dekat, hehe. Semoga bermanfaat ya. See you.







6 comments:

Popular Posts