Sunday 21 January 2024

#BerharapLucu, Bagian 4 (Tukang Cukur Dwifungsi)


Semenjak di Makassar, aku cukup susah mencari tempat cukur yang tepat. Jika di Ponorogo, dekat rumah ada tukang cukur langgananku sejak SMA, praktis sudah 10 tahun aku cukur kesitu kalo lagi di Ponorogo. Lebih tepatnya, aku cari tempat cukur yang terjangkau, terjangkau dari sisi jarak dan terjangkau dari sisi tarif. Hasil belakangan, soalnya gaya rambutku dari dulu begitu-begitu aja. Ga susah, jadi semua tukung cukur seharusnya bisa. Kecuali kalo mereka waktu cukur pake kaki, mungkin hasilnya akan beda.

Pernah waktu SMA dulu aku sampai ditegur temanku karena gaya rambutku yang ga pernah berubah dari SD. Kebetulan dia teman dari SD, SMP, SMA. Nuril namanya. Nuril ini keren, dulu waktu SD sampe SMP pulang berangkat sekolah selalu naik sepeda, kami selalu bareng mau berangkat atau pulang. Udah macam pacar sendiri, tapi cowok. Gimana ya, sulit menjelaskannya. Yang jelas kami berdua normal.

Oke, kenapa ini jadi bahas Nuril. Jadi waktu itu aku sama Nuril lagi di kantin sekolah makan siang di tempat favorit kami, Pecel Bu So. Tentunya ada teman-teman kami yang lain duduk di kiri-kanan, supaya kami tidak dikira ada hubungan khusus. Ga tau kenapa tiba-tiba masuk ke topik rambut. Mungkin mereka notice karena aku kemarin bilang habis cukur.


“Katanya habis cukur, Bam? Kok ga ada yang berubah. Hoalah Bam, Bam, mbok ya ganti model rambut kek. Dari dulu begitu terus.” Celetuk Nuril dari sisi kanan.

“Iya e, masa dari SD sampai sekarang ga pingin ganti model rambut. Kaya aku dong sekarang gondrong.” Sahut Didit. Suasana jadi semakin panas dari sisi kiri.

Lah, Didit dulu kan ga se-SD sama aku, batinku. Aku yang mau nanggepin komentar mereka malah keduluan komentar Abin.

“Hooh, gerah aku liatnya si Bram ga pernah ganti gaya rambutnya dari dulu.” Tambah Abin. Sisi depan pun ikut bermain.

Lah, aku yang nda cukur kenapa dia yang gerah.

“Oke oke gais” aku mencoba membuat suasana kondusif “Gini gini, aku memang tipe orang yang setia, jadi makanya kenapa dari SD sampai sekarang aku masih pakai gaya rambut yang sama”

“Ooh gitu” sahut mereka bertiga dengan barengnya. Gampang juga pikrku buat mereka setuju sama jawabanku. 

“Tapi kan…”. Mereka masih nda terima

KRIING….!!!!. 

Mereka bertiga mau menyanggah tapi keduluan bel masuk kelas yang bunyi. Terima kasih “bel”, kamu menyelematkan makan siangku.

Singkat cerita, sampai usia sekarang 28 tahun pun gaya rambutku masih sama. Kalo orang dari dulu kenal aku mungkin dari kejauhan jarak 1,5 km pun masih gampang dikenali kalo itu aku. Inilah namanya personal branding. (baca: malas cari model rambut yang lain)

Kembali di Makassar. Iya, jadi di Makassar ini cukup langka mencari tukang cukur Madura. Kalo di Ponorogo atau di Surabaya masih banyak banget gampang dicari. Di sini mungkin sedikit orang Madura yang merantau ke Sulawesi ya, jadi cukup susah carinya. 

Singkat cerita aku udah nemu tukang cukur yang “terjangkau” tadi. Kebetulan ada di dekat perumahan tempat aku ngontrak. Tinggal keluar ke jalan raya dikit belok kiri udah ketemu tuh tukang cukur di bawah pohon. Tempatnya terlihat sederhana, bercat hijau terang, meskipun kecil tapi bersih tempatnya. Tampak seperti tempat-tempat cukur yang biasa ada di Jawa langgananku. Sekilas tidak ada yang aneh dengan tempat cukur ini. 

Waktu itu aku pertama kali kesitu waktu pulang kantor sekalian singgah dan cukur. Yang nyukur mas-mas rambutnya gondrong dikuncir. Celananya jeans hitam, ada lubang di dengkulnya. Pakai kaos warna hitam pula, gambar tengkorak. Macam pesulap tapi lebih ke arah preman sih kalo kuliat. Akhirnya cukurlah aku di sana.

“Silakan mas” sambut mas nya ramah. Suaranya agak berat. Wah ini laki-laki banget masnya pikirku, udah tampilannya ngeri, suaranya pun juga berat. Kebetulan kami cuma berdua, ga ada yang ngantri. Syukurlah

Duduklah aku di kursi cukur. Lepas kacamata lalu dipakein jubah cukur kaya biasanya warna hitam.

“Cukur biasa aja ya mas. Yang penting rapi kiri kanan atas.” Aku sambil nunjukkan sisi mana yang harus dicukur dengan baik lewat cermin berharap mas nya paham apa yang aku minta.

“Oke mas.” Jawab masnya. Dia agak lama ngeliatin aku tadi waktu jelasin, kayanya mungkin kurang paham, tapi dia iya-iya aja. Oke semoga hasilnya sesuai dengan harapan.

Seperti biasa , mas nya mengeluarkan peralatan cukur standar orang-orang cukur dari dalam laci. Cukup komplit juga, tidak ada yang mencurigakan dari tempat ini. Lalu kami pun ngobrol.

“Mas nya asli orang sini?” tanyaku

“Iya mas, rumah saya belakang sini aja kok, deket.”

“Oh kirain orang Madura hehe. Soalnya kan biasanya banyak banget orang Madura yang buka tempat cukur rambut”

“Bukan mas, saya orang Gowa sini aja kok. Mampir aja mas nanti selesai cukur.” Sambut mas nya mempersilakan. Mas nya ini meskipun tampilannya sangar tapi orangnya baik. Fiks nih, habis ini jadi tempat cukur langgananku di Makassar.

“Wah makasih banyak mas ga usah hehe.”

“Iya gapapa.” Dia sambil senyum kulihat dari cermin. Aku ngeliatin dia juga lewat cermin, dalam momen ini memang terkesan agak aneh. Tiba-tiba dia juga berhenti nyukurnya. Aku langsung nelen ludah karena agak takut.

“Oh iya, oke sampai mana tadi mas. Buruan ya mas, takut kehujanan saya.” Padahal waktu itu masih belum musim hujan. Mas nya mungkin kurang nerima juga dengan alasanku. 

Obrolan kami selanjutnya berlangsung normal-normal saja, kami ngobrol satu sama lain kaya mulai kapan nyukur, sehari bisa dapet pelanggan berapa, belajar nyukur dari mana, sampai kutanya gimana pendapatnya tentang kondisi geopolitik Indonesia sekarang ini. Enggak ding yang terakhir bercanda.

Ga lama kemudian selesailah sudah cukuranku.

“Wah keren mas.” aku sambil ngaca liat sisi kanan, kiri, depan dan belakang. “Berapa mas?” tambahku.

“15 ribu ya mas”

“Oke mantap. Udah murah, cepet, keren lagi hasilnya. Makasih ya mas”

Sebelum pergi, aku nyempetin foto ruangan cukurnya sampai bagian depan cukurannya. Biasanya aku post di Google Maps buat ngasih rating sama review. Kali aja bisa bantu dia promosi kan kalo ada tempat cukur di sini.

Mungkin karena aku tiba-tiba ngefoto dia tiba-tanya. “Ada apa mas kok difoto?”

“Oh enggak mas, ini nanti buat di Google Maps. Itung-itung bisa bantu masnya promosi disana, biar orang-orang pada tahu juga.” jawabku

“Lagi dong mas, yang ada saya nya.” dia jawab sambil senyum malu-malu gitu. Mirip perawan yang lagi mau dilamar.

“Oh.” agak kaget aku dengernya. “B..b..boleh boleh mas, boleh banget.” Lalu aku foto lagi dengan mas nya sebagai talent di depan tempat cukurnya. Mungkin dia dulu sempat jadi model majalah Trubus, sayangnya pertanyaanku tadi belum sampai kesana.

Karena takut, aku langsung starter motor supaya bisa segera pulang ke rumah. Lama-lama mengerikan juga tempat cukur ini. Aku yang agak ketakutan tiba-tiba ga bisa nyalain motor, tambah takut dua kali. “Loh kok ga bisa” batinku. Jangan-jangan udah dikasih santet juga nih motor sama dia. Bisa-bisa ditawarin nginap di rumahnya nih.

Ternyata kuncinya belum posisi on, langsung aku on-in. Motor pun akhirnya nyala. “Saya pamit ya mas” pamitku ke mas nya.

“Iya makasih ya mas. Mampir ke sini lagi ya.” dia sambil dada-dada gitu waktu aku pergi.

Sebulan kemudian aku ke situ lagi karena rambutku udah mulai cukup panjang. 

Waktu itu aku pulang dari masjid shalat Isya masih pake sarung. Gas aja langsung ke tukang cukur.

Nyampe di lokasi aku liat banyak bapak-bapak yang duduk-duduk di emper tukang cukur itu, ada sekitar 5 orang bapak-bapak yang ada di situ. Di dalam ada mbak-mbak rambutnya dikuncir yang lagi rebahan di kursi, mukanya ga keliatan. Pikirku ini orang pada antri cukur, laris juga ini tempat cukur. Makin yakin aku sama tempat cukur satu ini. Oke, lalu aku turun dan masuk tempat cukur.

Di dalam tempat cukur aku tanya ke mbak yang lagi cukur. Mbak nya lagi asik main hape. Dia pake rok jeans dan kaos hitam. Mungkin istri atau pacarnya pikirku, karena waktu itu belum sempat tanya soal keluarga.

Langsung aja aku bilang “Mau cukur mbak”

“Oiya silakan mas, duduk aja” sahut mbak nya

“Ini mas nya kan belum ada. Mas nya yang kemarin dimana ya?” 

“Oh. Itu kemarin saya mas. Saya lagi dandan cowok.” mbak nya sambil senyum-senyum jawabnya.

HAH? Jadi yang cukur aku kemarin bencong. Astaghfirullahaladzim. EDAANNN.

“Oh” aku diam agak lama karena kaget.”Jadi nanti yang nyukur mas nya?” aku terus terang bingung bagian ini mau manggil mas atau mbak. Milih salah satu takut tersinggung. Aku ga tau dia pingin dipanggil apa.

Habis mbak nya ngomong gitu aku langsung amatin mbaknya. Dari mukanya aku agak samar-samar inget.sama muka mas nya yang dulu. Bentuk wajah, postur, rambutnya yang tetap dikuncir.. Memang mirip sih. Bedanya sekarang dia pake gincu, pake beha, sama rok. Astaga

Karena aku terlanjur duduk, aku ga enak mau nolak dan pergi. Ditonjok selesai sudah bisa masuk berita aku. Apalagi di depan tempat cukur ada bapak-bapak bersarung di depan tempat cukur yang sepertinya memang disiapkan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Oke, aku beranikan diri untuk tetap cukur.

Sepanjang dicukur aku hanya diem aja dan cenderung masang muka agak takut. Beda sama mas/mbak nya yang sepanjang nyukur aktif banget pingin ngajak ngobrol sambil senyum-senyum.

Kurang lebih 15 menit waku dicukur, syukurlah pikirku cobaan ini telah berakhir.

“Wah keren alhamdulillah. Makasih ya.” aku sambil mau beranjak dari tempat duduk.

“Eh tunggu dulu mas, masih belum selesai”. mas/mbak nya langsung nyeloroh supaya aku tetap duduk.. “Tunggu ya mas, ada satu lagi”. Apa lagi ini pikirku.

Ga ada angin ga ada apa tiba-tiba dia pegang kepalaku sambil dipijit. Praktis aku langsung kaget dan minta berhenti

“Kayanya ga usah dipijit mbak, eh mas. Cukup, cukup.”

“Kenapa mas, enak kan” dengan pedenya dia jawab gitu sambil senyum-senyum. Ini takut woi, ga paham apa.

Habis dipijit rasanya kaya melayang. Lebih ke melayang karena kaget, lemes.

Sebuah pelajaran penting: lain kali kalo mau cukur lihat dulu di sekitar tempat cukur apakah ada beha menggantung atau tidak.


2 comments:

Popular Posts