Wednesday 14 October 2020

#BerbagiSaja, Pengalaman Rekrutmen Management Trainee (MT) 4 PT Pupuk Indonesia (Persero) (Part 2)

Lanjut ya, maaf jedanya agak lama.

Iya, jadi setelah beberapa rangkaian tes di awal tadi nanti harus nunggu beberapa hari sebelum ada pengumuman selanjutnya tuh, ada sekitar 2 minggu nunggu kalo nda salah waktu itu.

Syukur alhamdulillah waktu itu masih diberi kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya. Jadi rangkaian tes sebelumnya itu dinamakan Tes Kemampuan Dasar (TKD), nha untuk tes yang selanjutnya ini dinamakan Tes Kemampuan Bidang (TKB). Untuk tes kali ini, tesnya udah diambil alih oleh masing-masing perusahaan tempat kita lamar, jadi udah bukan di-handle sama Kementerian BUMN lagi.

Nha ini aku baru tau juga dari sini, ternyata untuk tes TKB di-handle sama PT Pupuk Indonesia (Persero), bukan PT Petrokimia Gresik, karena sudah tergabung dalam satu perusahaan holding yang di dalamnya ada beberapa perusahaan lain. Jadi waktu pengumuman kelolosan itu ada notifikasi di web rekrutmen FHCI, email dari FHCI, dan email dari Pupuk Indonesia. Dari situ baru mulai ngeh.

Di email itu tertulis untuk TKB kali ini ada dua jenis test yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Assessment Psikologi yang dilaksanakan selama dua hari di UI.




1.        Tes Potensi Akademik

Nha ketika yang lalu TPA nya masih daring, masih berisi pertanyaan yang bisa diakomodasi melalui platform daring ya. Untuk TPA kali ini tesnya pake kertas seperti biasanya ya

a.      Tes Pauli

b.      Tes gambar orang

c.       Tes gambar pohon

d.      Tes gambar rumah, orang, pohon

e.      Tes Wartegg

f.        Tes logika aritmatika

g.      Tes analogi gambar

h.      Tes kemampuan verbal

i.        Tes Bahasa Inggris (writing, reading, listening)

Fyi aja ya, jadi semua tes itu menggunakan tes langsung dari BAPPENAS, kukira sama aja kan, ternyata soalnya agak beda, dalam artian agak susah dari tes-tes biasanya, karena setauku itu soal yang dikeluarin dari BAPPENAS langsung dan kalo mau tes ke doi harus bayar dulu Rp500.000 apa ya sekali tes. Makanya, kuncinya sering-sering ngerjain psikotes biar mahir nantinya ketika ngerjain soal yang gitu-gitu. Kalo nda salah keseluruhan tes itu memakan waktu 4 jam ya, jadi mulai pagi sampai menjelang siang tuh.

2.      Assessment Psikologi

Setelah diberondong dengan puluhan kertas berisi pertanyaan, kita ada waktu untuk istirahat waktu itu sambil nunggu sesi Assessment Psikologi. Sebelum keluar ruangan kita dikasih kertas gitu untuk diisi nantinya bakal dikasih waktu masuk ke ruangan Assesment Psikologi. Isinya beberapa pertanyaan gitu seputar diri, aku lupa pertanyaannya apa hehe.

Nha untuk tes ini itu ternyata adalah tes interview HRD sebetulnya. Jadi di dalam ruangan itu ada dua orang panelis, satu sebagai interviewer aktif, satunya itu sebagai notulis gitu sih semacam yang bikin laporannya. Mereka bertugas nyocokin gitu ya dari hasil tes kita

Pertanyaannya standar ada interview HRD kebanyakan ya, nanyain tentang CV kita, keluarga, selama kuliah ngapain aja, prestasi, tantangan, ya gitu-gitu lah. Tinggal gimana kita bisa jawab dengan baik dan sesuai. Kalo perlu buat aja list pertanyaan yang kerap muncul dan siapin jawabannya sebaik mungkin dari kita, jadi kita bisa tuh nanti pas ada pertanyaan-pertanyaan itu udah punya jawaban default-nya. Kalo aku gitu.

 

Oke, ini dulu untuk bagian kedua ya, tunggu untuk bagian ketiga. Semoga bermanfaat. See you !




2 comments:

  1. Babang brama, tes kesehatannya ada yg colok dubur ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😅 Nanti ya, ini belum masuk ke medical check up

      Delete

Popular Posts