Sunday 1 November 2020

#BerbagiSaja, Pengalaman Rekrutmen Management Trainee (MT) 4 PT Pupuk Indonesia (Persero) (Part 4-END)

Lanjut ke bagian terakhir nih.

Iya, jadi syukur masih diberi kesempatan lolos ke tahap selanjutnya setelah menunggu kabar kira-kira tiga minggu. Kirain tahap ketiga tes kesehatan sama interview user kemarin tu udah yang terakhir, ternyata masih ada lagi. Okelah, nothing to lose.

Tahap tes terakhir ini ada interview direksi, ngeri juga ya ada beginian segala. Sampe-sampe direksi mau turun tangan. Soalnya memang kebanyakan tes-tes kerja itu sampe interview user aja. Waktu tau aku lolos ke Interview Direksi, yang aku siapin adalah meng-khatam-kan website Pupuk Indonesia, apa aja yang bisa dibaca dari situ. Kupikir kayanya nda bakal tanya soal teknis juga sih.

 

 

1.        Interview Direksi

Oke, jadi di interview direksi ini kita diminta dateng (lagi) ke Jakarta, tepatnya di Hotel Fairmont. Aku yang belum pernah ke daerah sana langsung browsing dong, nyari penginapan yang deket sama kawasan situ.

 

 

Kaget dong, karena aku orang kampung ya, dari kota kecil Ponorogo. Ngeliat tarif nginep di hotel itu. Semalemnya 2,5 jutaan boy ! Berharap dikit semoga partisipan yang lolos bakal diinepin kesana dong hahaha, eh tapi ternyata endak. Akhirnya aku waktu itu nginep di tempat Budhe ku di daerah Jakarta Selatan. Makasih Budhe sudah memberikan aku tumpangan, semoga amal kebaikan Budhe sekeluarga dibalas oleh Allah SWT, aamiin.

Oke lanjut, tiba di Hari H. Waktu itu aku dateng pagi-pagi dianter sama masku pake sepeda motor ke Hotel Fairmont. Tiba dengan tenang, naik lift, stay cool, masuk ruangan, eh ternyata udah banyak banget yang dateng di situ. Langsung nyari duduk yang kosong.

Setelah nunggu beberapa menit akhirnya dari panitia ngasih pengumuman kalo nanti bakal dipanggil per kloter, masing-masing kloter ada 5 orang yang masuk ruangan buat nanti di-interview. Selang beberapa menit ada bapak-bapak lewat, semuanya pada berdiri, aku ikut-ikut berdiri. “Ada siapa sih?” tanyaku “Lah, itu Dirut-nya Pupuk Indonesia.” Jawab temen yang duduk di sebelahku. Oalah iya, ini Pak Aas Asikin Idat. Agak pangling juga ngeliat di foto sama langsung.

 

Nda berapa lama ada panitia masuk ke ruangan peserta, aku masih haha hihi sama peserta lain ngobrol enak. Tiba-tiba namaku dipanggil. “MAK DEG” matih pikirku, aku kloter pertama. Oke, aku dan empat peserta lain, Mas Hafid, Mas Miraz, Mas Rizky, dan Mas  Wira, jalan menuju ke ruangan interview yang berada tepat di sebelah ruangan kami. Kami masuk, ruangannya luas banget, di situ cuma ada kami 5 orang peserta, SVP SDM Pupuk Indonesia, sama Dirut Pupuk Indonesia. Suasana agak khidmat dong pasti, udah bukan waktunya haha hihi nih, semuanya duduk dengan tenang sikap sempurna kaya lagi ikut ajang Abang None.

Setelah semuanya duduk, sesi Interview Direksi dibuka sama SVP SDM buat pengantar gitu sebentar. Lalu setelah itu dilanjut dari pertanyaan Pak Dirut. Aku masih inget pertanyaannya gini

“Kalau kalian diminta memilih antara Disiplin, Jujur, Pintar, dan Loyal, mana yang kalian pilih? Urutkan dari prioritas pertama hingga terakhir”

Waktu itu ada Mas Hafid yang jawab pertama. Lalu Pak Dirut mangut-mangut dan meminta yang lain juga menjawab. Nha aku yang disuruh menjawab kedua. Waktu itu aku ngejawab “Jujur, Disiplin, Pintar, Loyal”. Akhirnya selesai juga giliranku, lalu bergilir ke peserta yang lain.

Setelah semua menjawab, Pak SVP SDM akhirnya memulai pembicaraan. “Oke, sudah selesai menjawab semuanya ya. Banyak sekali ya jawabannya dan macam-macam, ada yang Loyalitas nomor dua, Jujur nomor 4, ya ini memang pilihan masing-masing. Baik, silakan Pak Dirut.” Giliran Pak Dirut yang ngomong.

“Jadi dalam menjalankan perusahaan yang baik itu perlu adanya Loyalitas yang tinggi ya, karena perusahaan asetnya adalah SDM itu sendiri dan akan selalu dibutuhkan perusahaan ketika berada di posisi bawah. Mereka akan tetap setia dengan perusahaan untuk bisa mengembalikan lagi kondisi perusahaan ke kondisi yang lebih baik.” Jelas Pak Dirut sekaligus mengakhiri interview Direksi sesi itu. Matih pikirku, jawabanku tadi Loyalitas kutaruh terakhir, alamat banget.


Keluar dari ruangan itu aku cuma bisa merenungi jawabanku tadi, ya semoga hasilnya yang terbaik pikirku waktu itu. Selesai interview itu langsung ditanya-tanya sama peserta lain di dalam ngapain aja. Praktis di dalam kami hanya menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit aja.

 

2.      Pengumuman

Kira-kira kurang lebih dua minggu setelah Interview Direksi muncul pengumuman akhir. Aku yang waktu itu lagi santai-santai buka laptop iseng buka inbox email sama website rekrutmen FHCI tiba-tiba ada pemberitahuan. Syukur alhamdulillah aku lolos waktu itu. Senang sekali rasanya bisa lolos setelah kurang lebih 6 bulan proses rekrutmen dari Februari sampai Agustus. Aku langsung ngasih kabar orang rumah dan semuanya senang sekali akhirnya penantian selama ini terbayar.



Iya, jadi itu teman-teman pembaca semua pengalamanku di rekrutmen Management Trainee 4 di PT Pupuk Indonesia (Persero). Semoga bisa memberi manfaat buat kalian semua. Kalo ada salah tulis atau salah diksi mohon dimaafkan. Sukses buat semua ! Sampai jumpa !

4 comments:

  1. hi, bang bram's.
    saya surya, dan tanggal 21 Mei nanti akan tes FHCI.

    baca blog abg, dapat dari kawan abg yg sekarang ini ada di Pupuk Kaltim, mbak Dewi Kus, hehe

    thanks bang, ini sungguh menenangkan sekali.
    saya minta doa bang, semoga bernasib sama dengan abg, bisa lolos sampai step terakhir.
    tp, saya jg manusia biasa, usaha doa ikhtiar, saya jg serahkan kepada Allah swt.

    sehat2 terus bang, dengan keluarga, salam sama keluarga.
    thanks bang, sudah menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin, terima kasih atas doanya ya
      doa kembali semoga juga selalu dikaruniai keberkahan dan kesuksesan ya aamiin
      mohon maaf baru balas ya

      Delete
  2. Kelass memang bacaleg PSI ni.

    ReplyDelete
  3. MUT kapan ke organik bang

    ReplyDelete

Popular Posts